Pages

Tuesday, March 8, 2016

Strategi Komitmen Pasar

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang strategi komitmen pasar kita harus tahu tahu tentang pasar dan juga tingkat pasar. Jika Anda lupa dapat dibaca lagi di pasar dan juga tingkat pasar. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang luasnya strategi keterlibatan pasar, maka silakan baca artikel berikut !!!

Dalam strategi yang akan dibahas sangat berkaitan erat dengan tingkat keterlibatan perusahaan dalam hal mencari pasar tertentu. Hal ini didasarkan pada pandangan perusahaan dari semua pelanggan belum tentu sama pentingnya bagi perusahaan. Secara umum, perusahaan hanya akan fokus dan komitmen pada pasar tertentu saja.


Dalam hal ini komitme sudah termasuk sumber daya keuangan, manajerial atau keduanya. Dalam strategi komitmen pasar yang terdiri atas tiga kelompok: kuat-komitmen strategi, strategi komitmen rata-rata-, dan juga strategi cahaya komitmen. Untuk lebih jelasnya tentang strategi akan dibahas satu per satu.


Strategi 1. Kuat-KomitmenDi perusahaan yang akan menerapkan strategi ini diperlukan dalam rangka melaksanakan perencanaan operasi di target pasar sudah optimal, yaitu dengan mencapai skala ekonomi dalam berbagai hal seperti promosi, distribusi, pemanufakturan, dan sebagainya. Jika perusahaan menghadapi tantangan dari pesaing, akan perusahaan harus bertahan dan juga untuk dapat melawan pasaing dengan agresif menggunakan bauran pemasaran dari stretegi yang berbeda.


Strategi ini adalah untuk memungkinkan perusahaan untuk mengatasi tantangan pesaing agresif untuk menerapkan strategi yang berbeda di masing-masing aspek, seperti produk, harga, promosi, dan distribusi. Tujuan akhir untuk dapat mempertahankan posisi dengan semua yang dimiliki oleh perusahaan. Kondisi kondisi yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan untuk menjadi sukses menggunakan strategi ini, antara lain:


1. Perusahaan harus dapat beroperasi secara optimal untuk mewujudkan skala ekonomi dalam hal promosi, distribusi, pemanufakturan, dan lain-lain.2. Jika perusahaan tidak mudah puas dengan situasi atau posisi telag mencapai saat ini, ada yang mengatakan erana memenangkan lebih mudah daripada mempertahankan.3. Memiliki sumber daya yang sangat memadai.4. peruasahaan harus memiliki keinginan dan kemampuan untuk dapat mengambil risiko.5. Hasil utama yang diharapkan dalam strategi ini adalah meningkatkan pertumbuhan, laba dan pangsa pasar.


Strategi Komitmen rata-rata-Jika kepentingan perusahaan di pasar tidak berubah, maka perusahaan perlu memberikan bisnis prioritas untuk mempertahankan status quo. Seberapa sering diambil oleh perusahaan, yaitu dengan memberikan segala sesuatu (terutama dalam hal pasar asimilasi) sesuai dengan kebiasaan pelanggan, di mana satu-satunya perubahan yang dibuat ketika lingkungan juga berubah.


Kondisi yang harus dipenuhi oleh perusahaan yang ingin mencoba strategi ini adalah perusahaan bahwasannya harus dicari sehingga pelanggan tetap puas dan senang, sehingga mereka tidak mudah untuk 'menggoda' dan juga mudah 'dibujuk' utuk perpindah ke perusahaan pesaing. Hasil yang akan dicapai dalam strategi ini adalah profitabilitas perusahaan memadai.


Strategi Komitmen petirAda juga perusahaan yang sudah memiliki pasar yang hanya akan diambil 'dalam melewati' saja. Ini berarti bahwa perusahaan hanya memiliki komitmen kecil untuk mengurus pasar tersebut. Perusahaan tidak melakukan banyak perhatian dan tidak melakukan upaya untuk dapat memenuhi dan memuaskan kebutuhan semua aspek pasar diperlukan.


Hal ini terjadi karena keuntungan yang pasar stagnan, potensi terbatas, telah merambah dan diisi oleh perusahaan besar atau karena faktor lain. Dalam kondisi ini adalah satu-satunya perusahaan untuk mempertahankan status quo (tanpa peningkatan pertumbuhan, laba dan pangsa pasar).Terima kasih telah membaca artikel berjudul strategi keterlibatan pasar kami, mungkin sangat berguna untuk memudahkan Anda bisnis lebih lanjut.

No comments:

Post a Comment